Selasa, 07 Agustus 2012

Mengembalikan Settingan Windows XP Pada Kondisi Waktu Sebelumnya Dengan System Restore

Mengembalikan Settingan Windows XP Pada Kondisi Waktu Sebelumnya Dengan System Restore

Apakah anda sedang bingung karena telah melakukan kesalahan ketika sedang mengotak-atik komputer anda? Anda telah salah klik ketika mencoba untuk merubah-rubah settingan di komputer anda atau mungkin anda telah salah instal program atau aplikasi tetapi komputer anda malah menjadi eror? Jangan kwatir, anda bisa mengembalikan keadaan komputer anda kembali normal seperti sebelum anda mengotak-atik komputer anda dengan melakukan System Restore pada komputer anda.


System Restore mengembalikan kondisi komputer ke waktu sebelumnya (dinamakan titik pemulihan) tanpa menyebabkan Anda kehilangan hasil kerja seperti dokumen tersimpan, riwayat, dan sebagainya. Perubahan yang dibuat oleh System Restore komputer dapat dikembalikan sepenuhnya. Komputer akan otomatis membuat titik pemulihan (dinamakan titik periksa sistem), tetapi Anda dapat menentukan titik pemulihan Anda sendiri. Ini berguna jika Anda ingin melakukan perubahan besar pada sistem. Seperti menginstal program baru atau mengedit registry.

Jika PC anda tidak dapat Restart ke modus Windows normal untuk melakukan langkah-langkah System Restoring, anda bisa menjalankannya dengan Windows Safe Mode.

Berikut caranya :

1. Pada Menu Start klik All Programs -Accessories - System Tools -System Restore
Mengembalikan Settingan Komputer Eror

2. Jika anda tidak dapat menemukan System Restore dan memiliki hak sebagai administrator, cobalah buka System Restore dengan perintah "Run" dengan cara berikut :

- Klik Start - Run
- Ketik "restore/rstrui" , tanpa tanda kutip.
- Tekan Enter
Mengembalikan Settingan Komputer Eror
3. Kemudian muncul kotak Welcome Screen dari System Restore, default pilihan adalah yg ditandai titik pada "Restore my computer to an earlier time", diamkan saja, klik saja "Next".
Mengembalikan Settingan Komputer Eror

4. Pada tahap ini tampil halaman dengan pilihan restore point apa dan pada tanggal berapa windows akan di restore. Pilihlah tanggal dimana Windows anda terakhir kali berjalan dengan normal dan optimal, lalu klik "Next".
Mengembalikan Settingan Komputer Eror

5. Tahap akhir eksekusi adalah konfirmasi untuk melakukan restore point. Jika sudah yakin dengan pilihan sobat, klik Next, lalu tunggu saja system restore memproses me-Rollback kondisi sistem Windows ke tanggal yang sobat inginkan.
Mengembalikan Settingan Komputer Eror

6. Jika anda menemukan pesan saat menjalankan system restore yaitu "no restore points are available" atau tidak ada restore point yang tersedia, hal ini dapat diakibatkan karena Restore point terhapus oleh salah satu kemungkinan di bawah ini. Sayangnya ketika sistem restore point pernah dihapus atau terhapus maka Restoring System tidak dapat dilakukan.


Penyebab tidak munculnya Restore Point :

- Pilihan System Restore Microsoft Windows XP dinonaktifkan pada komputer.
- Sisa tempat/space kosong pada hard disk anda tinggal sedikit.
- Telah dilakukan peng-Install-an ulang terhadap sistem Windows.
- Restore point telah mencapai usia maksimum 90 hari.
- Telah dilakukan proses "Clean Up". Jika anda pernah melakukan langkah ini maka akan menghapus semua - Restore Point.
- Versi Microsoft Windows telah di-upgrade ke system yang lebih tinggi.

Semoga artikel Mengembalikan Settingan Windows XP Pada Kondisi Waktu Sebelumnya Dengan System Restore ini bisa bermanfaat bagi sobat semua.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar